Pantai Bayah :: Banten Selatan

Coast of BayahPantai Bayah adalah objek wisata yang punya daya tarik tersendiri di Banten selatan. Berbeda dengan Pantai Bagedur yang lebar dan panjang, yang terletak di daerah Kecamatan Malingping, sekitar 5 km dari Bayah, Pantai Bayah tidak seberapa lebar, tetapi berpasir putih.

Ombak Pantai Bayah cukup besar. Hempasan gelombangnya bisa terdengar cukup jauh. Bisa begitu karena dasar laut Pantai Bayah adalah hamparan batu karang dan kerikil hitam. Di balik hempasan gelombang Pantai Bayah yang besar itu terdapat sumber kehidupan banyak warga masyarakat Banten selatan yang tinggal di Panggarangan, Sawarna, Malingping, dan Bayah sendiri.

Sumber kehidupan warga itu adalah impun, ikan teri halus. Bentuknya kecil-kecil dan berwarna agak putih. Di Jakarta, teri halus itu akrab dengan sebutan Teri Medan. Harganya, tentu saja agak mahal. Namun di Pantai Bayah, harga satu rantang teri halus hanya Rp 2.500 sampai Rp 3.500. Teri halus gurih jika dibuat pepes, atau digoreng campur terigu. Warung-warung makan yang ada di daerah Bayah timur dan Bayah Barat selalu menyediakan pepes teri halus dan teri yang sudah digoreng.

Karena itu, tak heran jika salah satu daya tarik wisata Pantai Bayah adalah banyaknya warga masyarakat pemburu impun. Menurut cerita masyarakat Bayah, jika musik barat, musim yang menyebabkan banyak teri muncul, yakni di antara Agustus hingga Desember, sedikitnya 500 orang setiap hari cari duit di Pantai Bayah. Modal kerja mereka hanyalah jaring angkat dan rantang.

Jaring ditadahkan ke pantai yang baru saja dibasahi gelombang laut Samudera Hindia itu. Ketika jaring diangkat, teri halusnya banyak menempel di jaring. Teri itu kemudian dikumpulkan sedikit demi sedikit.
Jika jumlahnya sudah mencapai serantang penuh, berarti sang pemburu teri halus itu sudah mengantongi duit Rp 2.000 hingga Rp 2.500. Oleh tengkulak teri itu dijual lagi antara Rp 2.500 hingga Rp 3.500 per rantang kepada wisatawan atau ke warung makan. Di warung makanlah nilai serantang teri halus itu bisa menjadi uang yang jauh lebih besar nilainya.
Pantai Ciatir Foto Dari JalanItu karena setiap satu rantang ikan teri halus bisa dijadikan 10 hingga 15 bungkus pepes teri. Harga per bungkus teri halus di warung makan bisa mencapai Rp 750 hingga Rp 1.000. Jadi, bisa dibayangkan nikmatnya membuka bisnis pepes teri di daerah wisata pantai itu.

Pepes teri memang oleh-oleh khas dari Pantai wisata Bayah. Rasanya gurih dan cocok sekali dijadikan teman nasi jika kita menyantapnya di saat lapar. Anda ingin juga merasakan pepes teri dari Pantai Bayah? Berwisatalah ke daerah ini.
Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, misalnya, pakai saja jalur tol dari Tomang hingga Serang Timur. Selanjutnya dari Serang Timur menuju ke arah Saketi, di Pandeglang.
Dari Saketi mulailah menyusuri jalur jalan yang berkelok-kelok di Banjasari hingga Malingping. Perjalanan Anda jangan berhenti di Malingping, kota kecamatan yang sedang berbenah menyiapkan diri menjadi kota Kabupaten Banten Selatan, tetapi pelan-pelan berlanjut terus hingga ke Bagedur. Setelah puas menikmati pesona wisata Bagedur, lanjutkan lagi ke Pantai Cihara di Panggarangan. Pantai ini juga indah dilihat dari puncak ketinggian jalan. Dari ketinggian jalan itu akan terlihat pecahan gelombang Pantai Cihara dan ratusan pemburu kerikil hitam serta pasir di bibir pantai tersebut.

Untuk mencapai Pantai Bayah, dari Pantai Cihara, Anda tinggal membutuhkan perjalanan beberapa menit saja. Sebelum mencapai Pantai Bayah, Anda juga akan menemukan sebuah Tugu Romusha yang terletak di pinggiran jalan poros Bayah-Sukabumi. Tugu Romusha itu dibangun sekitar tahun 50-an untuk memperingati banyaknya korban jiwa para pekerja paksa pembuat jalur kereta Bayah-Labuan di masa penjajahan Jepang. Sayang Tugu Romusha itu tidak terawat baik. Di sekeliling tugu itu kini tumbuh tinggi rumut liar dan ilalang. Dekat tugu ada jalan khusus menuju kawasan Pantai Bayah, pantai wisata yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan. (Ami)

Cara Mencapai Desa Sawarna

Pojok Desa Menuju pantai SawarnaAda beberapa alternatif transportasi yang dapat dipilih untuk mencapai Desa Sawarna.
  • Dari Jakarta, Anda bisa menaiki bus ke Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu ada kendaraan Elf yang akan langsung mengantarkan Anda ke Sawarna dengan membayar ongkos sekitar Rp. 20.000.
  • Anda juga bisa menaiki bus jurusan Jakarta – Serang dengan tarif sekitar Rp. 20.000.
  • Dari Serang menuju Bayah dapat dicapai dengan menggunakan Elf bertarif Rp. 25.000.
  • Untuk mencapai Desa Sawarna, dari Bayah Anda dapat menaiki ojek motor dengan membayar ongkos sekitar Rp. 30.000.
Sumber Artikel >>
Share:

0 Komentar:

Post a Comment